Video Conference: Mau pilih yang mana

Video Conference: Mau pilih yang mana

Seiring perkembangannya, kini kita sudah sering mendengar istilah “video conference”, yaitu kegiatan konferensi, rapat, atau pertemuan yang bisa dilakukan melalui sambungan internet ke perangkat digital seperti komputer, laptop, bahkan smartphone. Berikut ini ada beberapa website atau aplikasi video conference yang bisa kamu gunakan untuk melakukan video call bersama teman atau kerabat saat melakukan isolasi di rumah:

1. Seesaw

Sebenarnya Seesaw ditujukan untuk melaksanakan kelas secara online. Jika kamu membutuhkan video conference yang memungkinkanmu untuk melakukan presentasi, Seesaw adalah alat yang tepat. Pasalnya, ada beberapa panel untuk mengetik, menggambar hingga mengolase foto. Jika kamu ingin menambahkan fitur di Seesaw, kamu perlu mengeluarkan biaya tambahan sekitar US$120 per tahunnya.

2. Hangouts Meet

Berbeda dengan Google Hangouts yang lebih informal, Hangouts Meet ditujukan untuk keperluan bisnis karena terkoneksi dengan akun GSuite. Selain itu, jika Google Hangouts hanya bisa menampung hingga 10 partisipan, Hangouts Meet dapat menampung hingga 30 partisipan sekaligus. Sayangnya, aplikasi ini tidak dapat digunakan di iOS sehingga kamu hanya dapat menggunakannya melalui web browser. Tertarik mencoba?

3. Zoom

Selain berfungsi sebagai aplikasi yang bisa menjalankan webinar, Zoom juga bisa kamu gunakan untuk memantau pekerjaan karyawan di kantor melalui video conference. Namun, kamu perlu merogoh kocek sekitar US$15 per bulan untuk menggunakan layanan ini. Namun akhir-akhir ini permasalahan keamanan menghantui aplikasi ini dan CEOnya selama 30 hari kedepan

4. Whereby

Melalui aplikasi asal Norwegia ini, kamu bisa melakukan panggilan video call secara gratis hingga 4 orang sekaligus. Jika ingin menambah partisipan, kamu perlu mengeluarkan biaya tambahan sekitar US$10 per bulan. Tampilan Whereby mirip seperti Zoom, hanya saja kamu bisa mengkostumisasi URL ketika mengundang orang lain sehingga mudah ditemukan.

5. Webex

Perusahaan konglomerat asal Amerika Serikat, Cisco, merilis aplikasi video call bernama “Webex” yang juga bisa digunakan melalui web browser. Melalui Webex, kamu bisa melakukan video conference dengan durasi tak terbatas hingga 100 orang. Satu kelebihan unik Webex adalah ketika kamu mengalami saltik (salah ketik) ketika mengirimkan pesan 1-on-1 ke pengguna lain, kamu bisa mengeditnya kembali, anti-typo deh pokoknya! (Namun sayangnya, mengingat saat ini COVID-19 sedang mewabah di hampir seluruh dunia, sepertinya kamu perlu menunggu lebih dari 1×24 jam hingga akunmu aktif)

Bagaimana, sudah mulai menentukan website atau aplikasi apa yang hendak kamu gunakan untuk melakukan video conference? Pastikan sesuai dengan budget dan kebutuhanmu, ya! (Gie)

Post Terkait

Tinggalkan Komentar