Tips Aman Bekerja dari Rumah menggunakan Video Call

Tips Aman Bekerja dari Rumah menggunakan Video Call

Jika kamu mendapat kesempatan untuk mengerjakan pekerjaan kantormu dari rumah, bersyukurlah. Sebab, masih ada banyak orang yang tidak mendapat kesempatan untuk melaksanakan pekerjaan mereka dari rumah. Namun, meski kamu melakukan pekerjaan dari rumah, jangan sampai kamu terlalu santai, ya. Tetap ikuti aturan yang dibuat oleh kantormu.

Beberapa kantor memberlakukan video conference untuk mengecek keaktifan karyawan mereka ketika melakukan work from home (WFH). Tak hanya itu, beberapa karyawan juga ada yang berinisiatif melakukan video call untuk melakukan koordinasi pekerjaan. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat mendapat jadwal WFH:

1. Persiapkan workplaceyang nyaman serta perangkat teknologi yang dibutuhkan

Demi menghindari perasaan bosan atau tertekan ketika bekerja dari rumah, kamu perlu menyiapkan tempat senyaman mungkin sehingga kamu bisa tetap produktif. Jangan lupa untuk menyiapkan perangkat teknologi yang kamu butuhkan, seperti komputer, laptop, atau HP untuk menghubungkan perangkatmu dengan internet atau video call. Tapi ingat, jangan sampai terlalu nyaman hingga membuatmu mager, ya!

2. Pastikan kamu mempunyai koneksi internet

Tentu saja, untuk menyambungkanmu dengan rekan kerja melalui video conference atau video call, kamu membutuhkan koneksi internet. Jangan lupa untuk memastikan bahwa kamu tetap terhubung dengan internet. Jika tidak menggunakan Wi-Fi, cek terlebih dulu jumlah kuota yang kamu miliki dan segera isi kuota internetmu jika hampir habis.

3. Sebisa mungkin, samakan jam bekerja di kantor dengan di rumah

Salah satu keuntungan WFH adalah kamu tak perlu menghabiskan waktu di perjalanan ke kantor. Namun, bukan berarti kamu bisa bermalas-malasan dan bangun lebih siang, ya! Tetap lakukan kebiasaan seakan-akan kamu hendak pergi ke kantor, lalu kamu bisa menggunakan waktu yang biasanya dihabiskan dalam perjalanan untuk bersantai sejenak, dan mulailah bekerja dari rumah seperti jam biasanya.

4. Usahakan agar tetap terhubung dengan rekan kantor.

Meski bekerja dari rumah, bukan berarti kamu hanya bekerja sendirian. Pastikan komunikasimu dengan rekan kantor tetap terhubung agar kamu terhindar dari rasa kesendirian ketika melakukan isolasi. Selain melalui video call atau conference, kamu juga bisa menggunakan aplikasi perpesanan untuk melakukan diskusi singkat, karena dengan adanya remote working bukan berarti kamu tak memerlukan sosialisasi, ‘kan?

5. Lakukan apa yang bisa kamu kerjakan dari rumah, jika tidak, buatlah diskusi atau meeting

Selain untuk membangun hubungan dengan rekan kantor, dengan video conference kamu juga bisa mengadakan meeting singkat ketika kamu perlu mendiskusikan suatu hal yang tak dapat diputuskan sendiri. Jangan ragu untuk bertanya pada rekanmu melalui video conference atau mengadakan voting untuk menentukan keputusan tertentu, karena kamu bekerja dengan timmu, bukan orang lain yang tidak kamu kenal.

Tak perlu terlalu kaku saat melakukan video conference. Terlebih, jika kamu adalah koordinator video conference, kamu bisa memberlakukan aturanmu dengan lebih fleksibel, seperti istirahat makan siang atau istirahat di sore hari yang bisa kamu gunakan untuk mengadakan permainan atau diskusi ringan. (Gie)

Post Terkait

Tinggalkan Komentar