Ratusan Mahasiswa PLS Unesa Kunjungi Balai

Ratusan Mahasiswa PLS Unesa Kunjungi Balai

Kasi Informasi dan Kemitraan, Eko Yunianto, menjelaskan tugas dan peran Balai kepada mahasiswa PLS Unesa. (Ahmad Abdul Ghofur)

Surabaya – Sekitar seratus mahasiswa jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Universitas Negeri Surabaya (Unesa), yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah (Imadiklus), melakukan studi banding ke Balai pada Jumat (28/9) pagi.

Rombongan yang dipimpin Ketua Imadiklus, Fajar Eko, diterima Kasi Informasi dan Kemitraan Balai, Eko Yunianto, serta Ketua Pokja Kursus, Santoso, dan anggota Pokja Kursus, M Muzaqi.

Fajar Eko mengatakan, kunjungan ini bertujuan untuk lebih mendalami dunia PLS serta untuk mengetahui peran Balai dalam pengembangan PLS.      

Dalam sambutannya, Eko Yunianto mengapresiasi kunjungan Imadiklus ini. Selanjutnya, Eko memaparkan sekilas tentang profil Balai. Dari visi-misi, tugas, fungsi, hingga kedudukan Balai sebagai unit pelaksana teknis (UPT) Kemdikbud.

Sementara itu, Santoso menyampaikan tentang prinsip-prinsip PLS. Menurut Pamong Belajar Madya ini, PLS memiliki prinsip luas, luwes, dan sesuai. Luas karena bidang dalam lingkup PLS dimulai dari PAUD sampai pendidikan keluarga. Luwes bermakna pada sifat PLS yang senantiasa berkembang dan fleksibel terhadap segala kondisi dan permasalahan di masyarakat. Sesuai berarti harus berdasarkan kenyataan dan aturan yang ada.

Adapun Muzaqi memotivasi para mahasiswa dan mahasiswi untuk percaya diri dalam mendalami PLS. Bagi alumnus PLS Unesa angkatan ’94 ini, kondisi PLS saat ini sudah banyak berkembang dibandingkan beberapa tahun sebelumnya.


M Muzaqi saat menyampaikan materinya tentang perkembangan dunia PLS.  (Ahmad Abdul Ghofur)

“Kalau sebelumnya keberadaan PLS masih sering dianggap sebelah mata, tapi sekarang sudah mulai diakui dan disejajarkan dengan pendidikan formal, “ tandasnya. (dyko)

Dipost Oleh Super Administrator

PAUD - DIKMAS

Post Terkait

Tinggalkan Komentar