Pokja Kursus Jajaki Labsite di Bank Sampah

Pokja Kursus Jajaki Labsite di Bank Sampah

Ketua Pokja Kursus BP-PAUD dan Dikmas Jawa Timur, Erfan Agus Munif, menyerahkan kunci rombong untuk pembelajaran wirausaha bidang kuliner kepada pengelola Bank Sampah Bintang Mangrove, Kamis (28/2). (Edi Basuki)

Surabaya – Sebanyak 11 Pamong Belajar di Kelompok Kerja (Pokja) Kursus dan Pelatihan BP-PAUD dan Dikmas Jatim mengunjungi Bank Sampah Bintang Mangrove di Gunung Anyar Tambak, Surabaya, Kamis (28/2). Mereka menjajaki lokasi tersebut sebagai labsite atau laboratorium lapangan untuk penerapan model pembelajaran kursus.

Ketua Pokja Kursus BP-PAUD dan Dikmas Jawa Timur, Erfan Agus Munif, mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memberikan bantuan rombong sesuai keinginan anggota kelompok untuk belajar berwirausaha.

“Rombong ini untuk membuka usaha kuliner sebagai sarana mereka belajar wirausaha,” ujarnya.

Selain itu, tambah dia, kunjungan ini juga untuk melakukan identifikasi kebutuhan belajar masyarakat untuk menyiapkan pembentukan labsite Pokja Kursus dan Pelatihan. Menurut Erfan, melihat lokasi yang berada di wilayah pesisir dan dikelilingi hutan bakau, maka kebutuhan belajar yang dikembangkan akan disesuaikan dengan potensi lokal tersebut. Termasuk juga potensi sumber daya manusia di kawasan tersebut.

Dalam kesempatan ini, para pengelola Bank Sampah Bintang Mangrove bercerita aktivitas sehari-hari. Utamanya, mengumpulkan sampah-sampah dari pesisir dan daerah sekitar. Bank sampah yang sudah berdiri sejak 2012 itu, tidak hanya mengajak masyarakat untuk memilah sampah-sampah di rumah tangga, tapi juga mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitarnya. (ebas)

 

Dipost Oleh Super Administrator

PAUD - DIKMAS

Post Terkait

Tinggalkan Komentar