Pamong Belajar Balai Berlatih Infografis

Pamong Belajar Balai Berlatih Infografis

Ketua Pokja Kursus, Erfan Agus Munif (kiri), dan Direktur Polindo, Nuryadi, saat pembukaan pelatihan infografis bagi Pamong Belajar di lembaga kursus Politeknik Indonesia (Polindo), Surabaya. (Lilik Rahajoe Lestari)

Surabaya – Untuk menambah pengetahuan dan keterampilan dan dalam menyajikan paparan, sebanyak 40 Pamong Belajar BP-PAUD dan Dikmas Jawa Timur mengikuti pelatihan infografis. Kegiatan yang diprakarsai Kelompok Kerja (Pokja) Pamong Belajar Kursus ini berlangsung  selama empat hari pada Kamis-Minggu (21-24/2), di lembaga kursus Politeknik Indonesia (Polindo), Surabaya.

Instruktur kursus komputer Polindo, Saiful Hadi Arofat, sebagai pemateri, menjelaskan, infografis merupakan perpaduan desain, statistik, analisis informasi, dan story telling atau mendongeng.

“Tujuannya, agar presentasi yang disajikan menarik dan mudah dipahami,” kata peraih juara dua Instruktur Kursus Komputer pada Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Nasional Tahun 2017 tersebut.

Saiful lantas memaparkan sejumlah materi seputar infografis. Seperti teknik membuat elemen infografis, teknik membuat ikon, teknik pemilihan font, teknik membuat infografis dengan perangkat lunak berbasis bitmap, memanfaatkan tools daring untuk membuat infografis, membuat tabel dan diagram lingkaran, serta membuat contoh poster infografis yang memadukan bitmap dan vektor.

“Instrukturnya kompeten, aplikasinya mudah dioperasikan, dan yang pasti sesuai dengan kebutuhan sebagai pamong belajar, yang harus selalu meningkatkan kompetensi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi serta mengikuti perkembangan era digital,” ujar Im Sodiawati, salah satu peserta tentang pelatihan ini.

Di bagian lain, Direktur Polindo, Nuryadi mengungkapkan, kerjasama pelatihan dengan Balai masih akan berlanjut pada bulan berikutnya. Bentuknya pelatihan pemantapan program MS Office.

“Kami sangat antusias dengan kerjasama ini karena sesuai dengan visi lembaga kami sebagai lembaga terdepan dalam teknologi, bisnis dan aplikasi,” tandasnya.

Nuryadi mengaku pihaknya terbuka untuk bekerjasama dengan Balai pada program-program pelatihan lainnya. (lrl)

Dipost Oleh Super Administrator

PAUD - DIKMAS

Post Terkait

Tinggalkan Komentar