Optimalisasi MS Office, Pamong Belajar Balai Ikuti Pelatihan

Optimalisasi MS Office, Pamong Belajar Balai Ikuti Pelatihan

Pamong Belajar BP-PAUD dan Dikmas Jawa Timur mengikuti pelatihan “Optimalisasi MS Office” di Lembaga Kursus Polindo, Surabaya, pada Kamis-Minggu (28-31/3), lalu. (Lilik Rahajoe Lestari)

Surabaya – Untuk mengoptimalkan pemakaian perangkat lunak Microsoft (MS) Office, sebanyak 42 Pamong Belajar BP-PAUD dan Dikmas Jawa Timur mengikuti pelatihan di Lembaga Kursus Politeknik Indonesia (Polindo), Surabaya.  Pelatihan berlangsung selama empat hari pada Kamis-Minggu (28-31/3), pekan lalu.

Koordinator Pamong Belajar BP-PAUD dan Dikmas Jawa Timur, Yetty Widya Kusuma Santi, mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya peningkatan kualitas dan kompetensi Pamong Belajar dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

“Ini merupakan suatu kebutuhan bagi Pamong Belajar untuk selalu meng-upgrade kompetensi dan ilmunya agar bisa memenuhi tuntutan di era industri 4.0 saat ini. Khususnya di bidang TIK,” ujarnya.

Santi berharap, kegiatan ini akan mampu meningkatkan kinerja dan produktivitas Pamong Belajar dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Untuk mendukung upaya ini, tambah Santi, pihaknya menjalin kerjasama dengan sejumlah lembaga mitra dengan kinerja dan reputasi yang baik. Salah satunya adalah Polindo Surabaya. 

“Polindo merupakan lembaga kursus yang sudah terakreditasi dan memiliki kredibilitas baik selama ini,” lanjut Santi.

Ia menjelaskan, pelatihan ini merupakan kegiatan kedua yang menggandeng Polindo Surabaya. Sebelumnya, Polindo telah membekali Pamong Belajar Balai dalam pelatihan infografis yang dilangsungkan akhir Februari lalu.

Pelatihan kali ini kembali dipandu oleh instruktur kursus komputer Polindo Surabaya, Saiful Hadi Arofat. Di sini, Arofat menyampaikan materi tentang optimalisasi MS Excel. Seperti pengenalan, fungsi-fungsi Excel, memasukkan data, mengolah sel, baris, dan kolom. Ada juga materi pembuatan formula, mengolah database Excel, membuat dan mengolah grafik sampai mencetak laporan dalam format Excel.

Arofat menyampaikan materi secara bertahap agar mudah diikuti. Para Pamong Belajar langsung mempraktekkan materi yang diberikan di depan komputer masing-masing.

“Saya memberikan materi dasar agar dapat diaplikasi setiap peserta dengan mudah,” ujar Arofat.

Di akhir pelatihan, Direktur Polindo Surabaya, Nuryadi menyerahkan sertifikat secara simbolis pada dua orang perwakilan Pamong Belajar. (lrl)

Post Terkait

Tinggalkan Komentar