Kemdikbud Gelontorkan Dana 6,5 M untuk Program PKK Wilayah Jawa Timur

Kemdikbud Gelontorkan Dana 6,5 M untuk Program PKK Wilayah Jawa Timur

Kasubdit Sarpras Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan, Purwanto, S.Ip., M.Si saat mengisi materi ortek penyelenggaraan program PKK pada kamis (05/7) di balai. (Hendy Purwoko)

Surabaya, Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Dirjen PAUD dan Dikmas telah menyelenggarakan Orientasi Teknis Penyelenggaraan Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) sekaligus penandatanganan surat perjanjian kerjasama pelaksanaan program PKK Tahun 2018 yang di ikuti oleh 184 lembaga di wilayah Jawa Timur pada Kamis 05 Juli kemarin.

184 lembaga tersebut merupakan lembaga yang dinyatakan lolos oleh tim penilai dari total sekitar 329 proposal yang diseleksi. Total dana yang akan dikeluarkan pada penyelenggaraan PKK gelombang ini berjumlah 6,5 M dengan target sasaran 3.870 peserta didik.

Kasubdit Sarpras Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan, Purwanto, S.Ip., M.Si menekankan bahwa penyelenggaraan PKK tidak boleh berhenti pada saat peserta didik dinyatakan lulus, namun harus ada rencana bagi peserta didik terutama dalam mendapatkan pekerjaan. Sehingga pada saat ortek kemarin, pengurus lembaga yang hadir harus menjelaskan rencana dan strategi lembaga dalam menyalurkan lulusan program PKK yang akan dilaksanakan.

Purwanto menjelaskan bahwa dalam melaksanakan PKK, lembaga harus mengacu pada juknis yang sudah ditetapkan mulai dalam melaksanakan perencanaan sampai dengan pencapaian tujuan penyelenggaraan program.

Dari 184 lembaga, jumlah bidang vokasi yang paling banyak adalah tata busana berjumlah 61 lembaga, diikuti oleh bidang kesehatan dan kecantikan berjumlah 45 lembaga. Sedangkan bidang otomotif yang menurut purwanto merupakan salah satu bidang yang berpotensi, pada gelombang ini belum ada yang di tetapkan lolos.

Bondowoso adalah kabupaten dengan jumlah terbanyak penerima program PKK pada gelombang dengan jumlah 16 lembaga, di ikuti oleh Kab. Jombang berjumlah 15 lembaga.

Bagi lembaga yang tidak lolos atau belum sempat mengirimkan proposal masih dapat mengajukan kembali dengan mengirimkan proposal dan registrasi di website ult BP PAUD dan Dikmas Jawa Timur.(dyko)

Post Terkait

Tinggalkan Komentar