Enggar Pimpin Ikatan Pamong Belajar Jatim

Enggar Pimpin Ikatan Pamong Belajar Jatim

Ririh Enggar Murwati (kiri) terpilih sebagai Ketua Ikatan Pamong Belajar Indonesia (Ipabi) Jatim periode 2019-2022 dalam Musyawarah Daerah (Musda) Ipabi, Jumat (1/2) lalu. (Lilik Rahajoe Lestari)

Surabaya – Ririh Enggar Murwati, Kepala Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Pacitan terpilih menjadi nahkoda Ikatan Pamong Belajar Indonesia (Ipabi) Jawa Timur (Jatim) periode 2019-2022. Dalam kegiatan Musyawarah Daerah (Musda) Ipabi Jawa Timur yang berlangsung pada Kamis (31/1) – Jumat (1/2) di BP-PAUD dan Dikmas Jatim, Enggar meraih 78 suara dari total 112 suara peserta Musda.

Dua kandidat lainnya, Sudigdo, Kepala SKB Magetan dan Nurul Fikri, Kepala SKB Sumenep masing-masing meraih 23 dan 11 suara. Dalam paparan programnya, Enggar memaparkan sejumlah rencananya seperti memperjuangkan penambahan Pamong Belajar (PB) dan kesejahteraan PB di SKB. Sudigdo juga mengusung isu penambahan jumlah PB di SKB.

Dalam forum ini, hadir juga dua Kepala SKB yang baru dibentuk yakni Kepala SKB Kabupaten Banyuwangi Suparti dan Kepala SKB Kabupaten Sidoarjo Farida Prima.

Pada Musda Ipabi Jatim ini, pemilihan Ketua Ipabi Jatim menjadi agenda utama. Sebelum sesi pemilihan Ketua Ipabi Jatim berlangsung, peserta musda mendengarkan laporan pertanggungjawaban Ketua Ipabi Jatim periode 2016-2019 Dwi Sudarmanto. Selanjutnya, peserta Musda yang berjumlah 129 PB dari 19 SKB di Jatim menerima pertanggungjawaban tersebut.

Setelah terpilih melalui voting tertutup, Enggar menyampaikan dua program prioritasnya. Antara lain, pendataan PB dan mendorong data PB di Jatim untuk dimasukkan semua ke dalam data pokok pendidikan (Dapodik), dan peningkatan kompetensi PB melalui diklat PB yang digelar oleh BP-PAUD dan Dikmas Jatim, Ditjen GTK atau secara swadaya.

Sementara itu, untuk menyusun kepengurusan Ipabi Jatim periode 2019-2022, telah ditunjuk lima orang sebagai tim formatur. Selain Enggar, anggota tim lainnya adalah Dwi Sudarmanto, Kasmuji Raharja (Kepala SKB Gudo, Jombang), Mulyono (PB SKB Situbondo) dan Misadi Santosa (PB Madya BP-PAUD dan Dikmas Jatim). (lrl)

Post Terkait

Tinggalkan Komentar