BKM Al-ikhlas BP-PAUD Dikmas Jatim Peduli Warga Terdampak Covid-19

BKM Al-ikhlas BP-PAUD Dikmas Jatim Peduli Warga Terdampak Covid-19

Sudah hampir sebulan wabah covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda mereda. Bahkan sebaliknya, banyak daerah yang menunjukkan angka korban meninggal dunia karena covid-19 semakin banyak. Hal ini memaksa pemerintah memberlakukan social distancing. Menghimbau masyarakat untuk di rumah saja, mengurangi kegiatan di luar. Dampaknya pun mulai dirasakan oleh masyarakat kecil mata pencahariannya di jalanan dengan upah harian. Termasuk di wilayah kelurahan Gebang, Kecamatan Sukolilo, Surabaya.

Berangkat dari situlah, pengurus Takmir Masjid  Al-Ikhlas berinisiatif mengadakan bakti sosial menggalang dana sukarela dari seluruh karyawan balai pengembangan pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat (BP-PAUD DIKMAS) Jawa timur, dalam rangka membantu warga sekitar Balai yang terdampak covid-19.

Hasil penggalangan dana itu nantinya akan dirupakan sembako. Untuk kali ini bingkisan yang diberikan kepada warga berupa beras 5 Kg, Gula 1 Kg, dan Minyak goreng 2 Kg. Harapannya kegiatan ini bisa diadakaan lagi di bulan romadon dengan isi yang lebih banyak lagi.

Salah seorang pengurus Takmir Masjid Al-Ikhlas, Mohammad Noval, mengatakan bahwa banyak warga sekitar kantor yang mata pencahariannya di sektor informal dengan upah harian. Sedikit banyak kehidupannya pastinterpengaruh dengan himbauan pemerintah untuk melakukan social distancing sebagai upaya memutus mata rantai persebaran wabah covid-19.

Kegiatan pembagian bingkisan yang bertepatan dengan peringatan hari bumi, 22 April 2020 ini, dilakukan secara simbolis oleh Kepala BP-PAUD DIKMAS JATIM, Ibno Subandi yang diserahkan kepada tokoh masyarakat setempat, di Balai RW 03, Asem Payung, Kelurahan Gebang, Kecamatan Sukolilo, Surabaya, disaksikan oleh anggota BABINKAMTIBMAS setempat. Hal ini untuk menghindari terjadinya pengumpulan warga.

Dalam sambutannya, dikatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk silaturahmi karyawan Balai dengan masyarakat yang berada di sekitar kantor. Harapannya, kerjasama ini semakin erat dalam berbagai bentuk kegiatan bersama, terkait dengan pengembangan pendidikan masyarakat.    

Husen Ismail, mengatakan bahwa untuk menentukan warga yang akan menerima bingkisan, pihak takmir bekerja sama dengan pengurus kelurahan. Dengan harapan bantuan yang diberikan itu tepat sasaran, sekaligus sebagai data yang akan digunakan sewaktu-waktu ketika akan melakukan kegiatan bakti sosial kembali.

Melihat antusiasme karyawan yang turut menyumbangkan sebagian rejekinya, dan proses pendistribusian yang dilakukan pada hari Rabu (22/4), membuat Haji Haris Wahyudi, selaku Ketua Takmir terharu, dan menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah turut serta mensukseskan kegiatan spontanitas yang diberi nama aksi peduli berbagi sembako kepada masyarakat sekitar Kantor.

“Semoga kebersamaan dan keikhlasan kita semua akan menjadi ladang ibadah serta membawa keberkahan dalam hidup bermasyarakat, harapannya kegiatan semacam ini bisa menjadi agenda rutin yang di fasilitasi oleh BKM Al-Ikhlas,” Ujarnya. [edi]

Post Terkait

Tinggalkan Komentar