Bercerita lewat Video

Bercerita lewat Video

Surabaya – Bertempat di rumah masing-masing beserta menggunakan daring aplikasi video conferencee, pada Kamis, 16 April 2020 telah diselenggarakan kegiatan Fasilitasi Video Editing dan penggunaan aplikasi canva oleh Tim Pengembang Model Aktivitas STEM BP-PAUD dan Dikmas Jawa Timur yang diikuti oleh sekitar 25 orang dari Pendidik PAUD Kabupaten Sidoarjo yang menjadi sasaran model STEM tahun 2020.

Peserta yang hadir adalah para pendidik PAUD yang sedikit memiliki pengetahuan dasar tentang video editing dan desain grafis sehingga antusias mengikuti kegiatan ini dengan penugasan mempraktekkan langsung ilmu yang didapat.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan kelas daring yang digagas oleh Tim Pengembang Model STEM BP-PAUD dan Dikmas Jawa Timur dan PTP Sahabat Pembelajar yang bekerjsama dengan responden sasaran model aktivitas STEM. Pada kegiatan kali ini bertindak sebagai Narasumber untuk berbagi ilmu adalah Sugiarto,S.Psi. selaku anggota tim pengembang model aktivitas STEM dan selaku Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) BP-PAUD dan Dikmas Jawa Timur. 

Kegiatan Fasilitasi Daring video editing dan penggunaan aplikasi canva ini pesertanya tidak dipungut biaya apapun. Pada kesempatan ini, narasumber juga membahas video-video mentah yang dikirim oleh peserta sebelumnya. Setelah di edit oleh narasumber video tersebut dijadikan bahan pembelajaran selama kegiatan berlangsung.

Rangkaian kegiatan ini sendiri diawali dengan pembukaan, dan di pandu oleh Udik Pudjianto, selaku anggota tim model aktivitas STEM kemudian materi awal seputar teknik editing video yang dilanjutkan dengan praktek mengidentifikasi kiriman video aktivitas pembelajaran dari peserta kegiatan. Setelah itu peserta diberikan materi desain grafis menggunakan aplikasi canva sembari peserta langsung mencoba sendiri mengedit video yang sudah diambil sebelumnya. Kemudian diakhir sesi diadakan penugasan mengedit video peserta dengan menggunakan aplikasi yang baru diajarkan.

Peserta yang hadir sangat antusias dan senang mendapatkan ilmu ini, karena ini merupakan hal yang baru di kalangan guru PAUD. “Saya berterimakasih kepada narasumber atas ilmu yang diberikan, ini sangat bermanfaat bagi kami di lembaga salah satunya untuk ajang promosi lembaga kepada masyarakat luas terutama orang tua dan membuat video pembelajaran yang sederhana, mudah dan bermanfaat dalam bentuk video yang menarik, terimakasih kepada semua pihak atas kesempatan untuk berbagi ilmu di kegiatan ini” ujar Widya Ayu Puspita selaku ketua tim pengembangan model aktivitas STEM sekaligus menutup sesi ke 3 rangkaian kegiatan Tim Model STEM Diskusi Bersama Bunda dalam rangka beraktivitas selama wabah Covid-19 ini. 

Peserta memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Sudah saatnya guru-guru lebih melek teknologi, terlebih karena ini adalah era digital dan sangat dibutuhkan ilmu-ilmu seperti ini untuk menunjang kegiatan di lembaga PAUD. Semoga kegiatan ini memberi manfaat maksimal untuk banyak pihak.(Gie)

Post Terkait

Tinggalkan Komentar