Bangun Kebersamaan Pegawai Melalui Outbound

Bangun Kebersamaan Pegawai Melalui Outbound

Pegawai BP-PAUD dan Dikmas Jawa Timur saat mengikuti kegiatan outbound di Batu, akhir bulan lalu. (Ahmad Abdul Ghofur)

BatuSebanyak 95 pegawai BP-PAUD dan Dikmas Jawa Timur mengikuti kegiatan “Peningkatan Kompetensi dan Pembinaan Disiplin Pegawai serta Etika Profesi Pegawai” di Klub Bunga, Batu, akhir bulan lalu. Rangkaian kegiatan berlangsung selama tiga hari pada 29 April hingga 1 Mei tersebut. Dari paparan materi, outbound dan arung jeram.

“Kegiatan ini sangat baik untuk membentuk tim yang kompak. Didukung oleh Umi Dayati dari Universitas Negeri Malang dan motivator dari Kaliwatu, kita diingatkan kembali akan perlunya meningkatkan kompetensi, etika dan disiplin dalam rangka melaksanakan program Balai,” kata Kasi Pengembangan Sumber Daya (PSD) BP-PAUD dan Dikmas Jawa Timur, Bambang Windoko, di sela kegiatan.

Umi Dayati, pemateri pada hari pertama, memaparkan tentang lima hal yang perlu dilakukan jika BP-PAUD dan Dikmas Jawa Timur ingin dicontoh oleh BP-PAUD dan Dikmas lainnya. Antara lain, perlunya meningkatkan komunikasi, kolaborasi, koordinasi, pikiran kritis dan pemecahan masalah.

“Semua hal ini harus dilakukan secara transparan,” tandas Umi.

  
Pegawai BP-PAUD dan Dikmas Jawa Timur saat mengikuti permainan lempar bola dalam kegiatan outbound di Batu, akhir bulan lalu. (Ahmad Abdul Ghofur) 

 Pada kegiatan outbound yang dilaksanakan di hari kedua, para instruktur melatih kekompakan dan kebersamaan para pegawai melalui sejumlah permainan. Salah satunya dalam permainan lempar bola. Dalam permainan ini, para pegawai diinstruksikan untuk melempar bola sambil menyebut nama sendiri dan nama rekan yang akan menerima bola tersebut. Dalam prakteknya, ada peserta yang cepat namun ada pula yang lambat karena masih berpikir kepada siapa bola akan dilempar. Permainan ini menuntut kekompakan, kesabaran, fokus, dan saling menolong agar lempar bola bisa selesai dalam tempo singkat dan tanpa kesalahan.

“Permainan yang tampaknya sepele ini ternyata harus dikerjakan dengan penuh disiplin dan diperlukan team work yang solid dan saling menolong agar cepat selesai,” tambah Bambang.

Setelah kegiatan outbound, ketangguhan mental dan fisik pegawai dilatih melalui kegiatan arung jeram di Kali Watu. Di sini, para pegawai dilatih untuk saling bekerjasama dalam mengendalikan laju perahu karet saat mengarungi jeram sesuai arahan pemandu. Nyatanya, banyak peserta terlalu bersemangat sehingga laju perahu tak terkendali sehingga peserta terlempar dari perahu lalu basah kuyup karena tercebur ke sungai.

Di sela kegiatan, Budi Setyono, Pamong Belajar BP-PAUD dan Dikmas Jawa Timur, berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin dan dapat diikuti oleh seluruh pegawai untuk membangun sinergi dan kebersamaan. (edi)

Dipost Oleh Super Administrator

PAUD - DIKMAS

Post Terkait

Tinggalkan Komentar